Berkunjung ke Tjong A Fie Mansion Medan

Tjong A Fie Mansion
Tjong A Fie Mansion (source: Google)

Yang tinggal di Medan pasti gak asing dengan bangunan yang satu ini. Secara ini bangunan terletak di pusat kota dan kalau mau kemana-mana sering banget ngelewatin bangunan ini. Yup, ini adalah Tjong A Fie Mansion yang terletak di Jl. Jend. Ahmad Yani No.105, Kesawan, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara 20111.

Aku sudah lama tinggal di Medan dan sering banget ngelewatin tempat ini tapi baru kali ini berkesempatan untuk mampir ke Mansion Tjong A Fie. Dulu aku mengira bangunan ini dalah rumah orang. Ternyata memang benar rumah orang tapi sudah dialihfungsikan sebagai museum dan bisa dikunjungi oleh wisatawan

Setiap kali lewat area kesawan ini, bangunan ini selalu menarik perhatian. Dari luar, Mansion Tjong A Fie benar-benar berbeda dari sekitarnya, terlihat begitu ikonik. Arsitektur bangunan di area Kesawan ini identik dengan model arsitektur Belanda sedangkan Mansion Tjong A Fie sendiri berdiri di tengah-tengah dengan arsitektur ala Tiongkok. Jadi kalau lewat jalanan ini, mata kita akan langsung tertuju sama bangunan yang satu ini karena arsitekturnya beda dari yang lain.

Tentang Tjong A Fie dan Mansionnya

Berkunjung ke Tjong A Fie Mansion Medan, Ruang Tamu

Pasti kamu juga bertanya-tanya siapa sih Tjong A Fie ini sampai rumahnya bisa di museumkan. Sini aku kasih tau!

Tjong A Fie adalah seorang pengusaha, kapitan dan banker sukses dari Tiongkok. Ia merupakan perantau dari Provinsi Guandong, Tiongkok. Dalam perjalanannya, Tjong A Fie sempat singgah ke Malaysia dan berakhir di tanah Sultan Deli. Tjong A Fie datang ke pelabuhan Deli saat berusia 20 tahun dengan membawa uang yang sangat sedikit. Ia mengikuti kakaknya yang terlebih dahulu pindah ke Sumatera.

Sebagaimana layaknya kisah sukses orang-orang yang dimulai dari "tidak punya apa-apa", Tjong A Fie ini dulunya juga bekerja serabutan hingga akhirnya berhasil memiliki perkebunan luas hingga ke Sumatera Barat. Tjong A Fie punya lebih dari 10 ribu pekerja dan dikenal sebagai seorang yang sangat dermawan serta dekat dengan penduduk lokal dan Tionghoa kota Medan. Ia juga berhubungan baik dengan Sultan Deli dan ikut berperan serta dalam mendirikan tempat ibadah seperti Mesjid Raya Al-Mashum dan Mesjid Gang Bengkok.

Nah, rumahnya ini termasuk bangunan yang paling mewah pada zamannya. Di dalamnya juga terdapat berbagai furnitur mahal yang diimport dari luar Eropa. Itulah kenapa rumahnya disebut sebagai mansion.

Jadwal dan Tiket Masuk Tjong A Fie Mansion

Berkunjung ke Tjong A Fie Mansion Medan


Jam buka : Setiap hari pukul 09.00 - 17.00 WIB

Harga tiket masuk : Rp. 35.000 (sudah termasuk tour guide)


Ada apa aja di Tjong A Fie Mansion

Berkunjung ke Mansion Tjong A Fie itu seperti kita bertamu ke rumah orang. Ya iyalah kan emang ini rumah orang. Haha.

Saat mengelilingi museum, pemandu akan menjelaskan setiap detail rumah dari mulai ruangan, furnitur, dan dulunya ruangan itu dipakai untuk apa sama Tjong A Fie. Di rumah ini, ruang tamunya ada banyak dan berbeda fungsi. Ada ruang tamu dengan interior bergaya eropa untuk menyambut tamu dari Eropa, ada yang berinterior tiongkok untuk menyambut tamu dari Cina dan ada yang bernuansa kuning khas Melayu yang diperuntukan khusus untuk menjamu tamu dari Kesultanan Deli. 

Berkunjung ke Tjong A Fie Mansion Medan, Dapur

Kita juga akan mengunjungi ruangan lain seperti kamar tidur, ruang makan, ruang kerja, dan juga dapur. Selain itu, kita juga akan dikenalkan dengan tokoh-tokoh penting dalam kehidupan Tjong A Fie seperti keluarga dan anak-anaknya. 

Ada beberapa tempat yang tidak boleh di foto di Museum ini karena alasan keamanan. Jadi kalau kamu nanti kesini juga, perlu diperhatikan ya Fellas ruangan mana yang boleh di foto dan mana yang gak boleh.


Perisapan sebelum ke Museum Tjong A Fie

Berkunjung ke Tjong A Fie Mansion Medan

Satu hal yang aku pelajari sejak aku jadi mulai sering travelling adalah "never ever go somewhere unplanned and uprepared". Setiap kunjungan kita ke suatu tempat akan lebih berkesan kalau kita udah punya sedikit pengetahuan dulu sebelum kesana. Perjalanan kita akan terasa lebih bermakna ketika kita punya tujuan bukan hanya sekedar datang, lihat-lihat dan foto-foto aja. 

Jadi, berdasarkan pengalamanku sebelum datang ke Museum Tjong A Fie, berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan:

  1. Cari tau informasi tentang Tjong A Fie.
    Waktu aku kesini aku sama sekali gak tau Tjong A Fie itu siapa. Jadi ketika pemandunya menjelaskan aku cuman plonga plongo aja. Padahal kalau waktu itu aku sedikit aja punya pengetahuan tentang Tjong A Fie, mungkin aku bisa lebih memahami terkait sejarah Tjong A Fie sambil lihat-lihat situs sejarahnya langsung.

  2. Siapin pulpen dan notes untuk catat informasi penting

  3. Searching pose untuk foto
    Untuk orang yang tidak fotogenik seperti aku, ide mengumpulkan pose sebelum kemana-mana itu jadi hal yang esensial banget. Apa lagi kalau kamu juga adalah tipikal orang yang suka malu di foto-in sama orang lain. Mengumpulkan pose sebelum ke suatu tempat, terutama museum, akan membantu kita untuk gak mati gaya nantinya.


Mengunjungi tempat-tempat sejarah memang menarik. Bangunan-bangunan kuno selalu menjadi daya tarik tersendiri untuk dipelajari atau sekedar untuk foto-foto. Kalau kamu mau berwisata sejarah, Tjong A Fie Mansion bisa jadi destinasi yang layak untuk dikunjungi.


You Might Also Like

0 comments