Menikmati Hoegi Patbingsoo dan MaBokkeumbab di Patbingsoo Korean Dining House Medan


Sebagai penikmat drama korea, sedikit banyak kita pasti jadi ingin mencoba makanannya juga. Taulah ya gimana makanan dan cara mereka menikmati makanan di drama-drama selalu bikin ngiler penonton. Begitu piawainya mereka mengemas iklan sehingga tanpa sadar kita jadi tertarik mencoba masakan korea juga. Di Medan sendiri, ada banyak resto yang menjual masakan khas korea. Tapi ada satu resto yang pengen banget aku kunjungi sejak lama. Patbingsoo namanya.

Menikmati Hoegi Patbingsoo dan MaBokkeumbab di Patbingsoo Korean Dining House Medan
Patbingsoo Medan

Sudah dengar tentang Patbingsoo dari tahun 2021 tapi baru sempat berkunjung tahun ini. Ya gimana enggak, dulu aku masih kuliah dan belum ada duit lebih untuk jajan, haha. Jadilah sekarang saatnya menikmati hasil kerja sendiri untuk jajan. Disclaimer dulu nih sebelumnya aku memang belum pernah ke resto makanan korea jadi masih asing dengan nama-nama menu korea yang ada di Patbingsoo ini.

TAMPILAN RESTO NUANSA KOREA BANGET

Menikmati Hoegi Patbingsoo dan MaBokkeumbab di Patbingsoo Korean Dining House Medan
Spot foto dibelakang pintu masuk

Dari luar tampilan resto ini terlihat korea banget. Terletak ditenga-tengah deretan ruko. Terdapat papan nama dan beberapa light box bertulisan korea membuat kita seakan berada di Korea. Di banding ruko-ruko di kanan kirinya, vibes-nya Patbingsoo terkesan kontras sekali. 

Menikmati Hoegi Patbingsoo dan MaBokkeumbab di Patbingsoo Korean Dining House Medan
Spot foto di Patbingsoo

Disamping pintu masuk terdapat sofa tunggal dengan backround bunga-bunga yang bisa dijadikan spot untuk berfoto cantik. Disebelah kirinya juga terdapat sebuah bangku unik berwarna pink dengan background kaca dan bunga-bunga untuk berfoto. Font yang digunakan untuk di resto ini juga sepertinya dipilih dengan hati-hati untuk menambah kesan ke-korea-an-nya

Menikmati Hoegi Patbingsoo dan MaBokkeumbab di Patbingsoo Korean Dining House Medan
Tampilan tempat makan di Patbingsoo Medan

Jajaran meja dan kursi tersusun berjajar. Terdapat hiasan seperti palang dan pegangan bus di atasnya serta aksen garis kuning membuat kita seperti berada di dalam bus korea. Di sisi lain ruangan juga ada meja bulat yang besar dan cocok untuk pengunjung yang lebih dari empat orang. 

MENU DAN HARGA MAKANAN DI PATBINGSOO

Patbingsoo menyediakan berbagai macam menu makanan korea. Harga makanannya mulai dari 25 ribuan, harga minumannya mulai dari 11 ribuan, sedangkan bingsoo (hidangan penutup) harganya mulai dari 38 ribuan. Resto ini menyediakan banyak pilihan menu ukuran besar yang satu porsi bisa dimakan sampai empat orang. Jadi semakin banyak jumlah teman yang kita bawa, harganya terasa lebih ringan. 

Menikmati Hoegi Patbingsoo dan MaBokkeumbab di Patbingsoo Korean Dining House Medan
Menu makanan di Patbingsoo

Menikmati Hoegi Patbingsoo dan MaBokkeumbab di Patbingsoo Korean Dining House Medan
Menu Minuman di Patbingsoo
Menikmati Hoegi Patbingsoo dan MaBokkeumbab di Patbingsoo Korean Dining House Medan
Menu Aneka Bingsoo di Patbingsoo


Selain harga makanan tadi, resto ini juga mengenakan pph 10% dan service charga 5% ya.

NYOBAIN MABOKKEMBAB DI PATBINGSOO

Aku dan seorang teman yang aku ajak kesini sama sekali gak ngerti dengan nama-nama yang tertera di buku menu. Jadilah kami bertanya sama mba nya. Awalnya aku ingin pesan Budae Jigae tapi aku urungkan karena temanku nyeletuk "ntar rasanya bakalan sama kayak ramen". Oleh karena itu, pilihan menu kami beralih ke nasi.

Bokkeumbap adalah nasi goreng kimchi khas korea dengan rasa pedas, asam, dan gurih. Ada dua jenis nasi goreng kimchi di sini, yaitu Bokkeumbab dan MaBokkeumbap. Nih foto menunya seperti ini:

Menikmati Hoegi Patbingsoo dan MaBokkeumbab di Patbingsoo Korean Dining House Medan
Menu Bokkeumbap dan MaBokkeumbap di Patbingsoo Medan

Dari menu nya itu, Bokkeumbap tampak seperti satu nampan nasi putih dengan berbagai macam toping disampingnya. Sedangkan Mabokkeumbap tampaknya adalah nasi goreng dengan berbagai macam toping disekelilingnya. Pas nanya ke pelayanan, dijelasinnya gini "kalau Mabokkeumbap itu nasi gorengnya isinya seperti yang ada di Bokkeumbap. Jadi kalau mesan yang Mabokeumbap bisa rasain Bokkeumbap ditambah toping yang Mabokkeumbap". Akhirnya setelah perdebatan alot dan ngeriweuhin pelayan dengan berbagai macam pertanyaan soal menu, kami memesan MaBokkeumbap.

Dari gambar itu kami berpikir bahwa itu nasinya pas datang bentuknya bakalan seperti yang terlihat di menu dan cara makannya seperti biasa makan nasi trus ambil cocolan disampingnya itu. Ternyata tidak seperti itu, Fellas!

Si pelayan datang bawa kompor gas dan diletakin di samping meja kami. Aku sontak berpikir makan nasinya bakal di atas kompor gas kayak yang di drama-drama korea gitu. Asli aku udik banget! Yang biasanya cuma makan ayam penyet pinggir jalan, begitu masuk ke resto korea berasa culture shock banget.

Pelayan yang lain datang dengan nampan bulet seperti yang di foto menu dan meletakkannya diatas kompor. Terus tiba-tiba si pelayan yang lain langsung ngidupin kompor dan ngaduk-ngaduk nasi tadi di atas tungku. Aku sama temanku langsung reflek bertukar pandangan bingung. MaBokkeumbap ternyata nasinya dicampur jadi kayak gini:




Menikmati Hoegi Patbingsoo dan MaBokkeumbab di Patbingsoo Korean Dining House Medan
MaBokkeumbap di Patbingsoo Medan


Rasa nasinya sendiri, menurutku, seperti nasi goreng pada umumnya. Cuma yang ini ada rasa asin gurih dari nori dan kimchi-nya. Tedapat irisan daging, sosis, telur, dan sedikit mozarella. Ada tambahan keripik kentangnya juga sebagai pelengkap. Rasa MaBokkeumbap ini agak kurang pas dilidahku sih dan aku juga agak kecewa karena ternyata nasinya dicampur. Jadi seperti nasi goreng yang digoreng lagi gitu. Berbeda dari bayanganku diawal tadi. Yah, agak diluar ekspektasi tenyata. Tapi ya gapapa deh namanya juga baru pertama kali coba. 

Ditambah lagi, kami melihat menu yang dipesan meja sebelah kelihatannya menggiurkan dan enak. Meja disebelah kami pesan Buddae Jjigae dan Rolling Chesse. Beneran kelihatan enak banget. Aku cuma bisa ngiler aja melihat pesanan mereka. Next time mungkin kalau kesini lagi aku akan pesan menu itu sih.

Jadi, agar gak terlalu kecewa keluar dari sini, aku memutuskan untuk memesan menu lainnya sambil berdoa dalam hati semoga rasanya gak mengecewakan.

NIKMATNYA HOEGI PATBINGSOO

Menikmati Hoegi Patbingsoo dan MaBokkeumbab di Patbingsoo Korean Dining House Medan
Hoegi Patbingsoo

Kali ini aku memesan dessert, Hoegi Patbingsoo. Bingsoo sendiri artinya hidangan penutup Korea yang dibuat dengan bahan dasar es serut. Dessert yang satu ini aku pesan dengan harga Rp. 38.000 dan ukurannya lumayan besar bisa untuk dua orang.

Hoegi Patbingsoo ini berupa es serut yang diatasnya diberi ogura ice cream, tambahan toping jelly dan buah-buahan. Aku pesan menu ini karena kelihatannya segar dan ada banyak buahnya. Menurut aku, Hoegi Patbingsoo ini enak dan tidak mengecewakan. Ogura ice cream-nya manis tapi tidak jeleh dan gak bikin eneg. Terdapat potongan buah kiwi, mangga, anggur, semangka, melon, dan juga kelengkeng diatasnya menambah rasa segar dimulut. Pulut hitam dan jelly-nya menambah kenikmatan sajian dessert ini.

Btw, Fellas, meskipun mangkuk bingsoo nya besar, bukan berarti isinya ice cream semua ya. Perlu diingat bahwa bingsoo adalah es serut. Jadi dibawah scoop ice cream-nya terdapat es serut biasa. Jadi kalau kamu pesan ini nanti, jangan buru-buru dihabiskan ice creamnya karena klo makin kebawah jadi gak ada rasa karena es serut aja. Kalau kata temanku, sih, Bingsoo ini adalah filosifi kehidupan manusia yang ketika muda rasanya manis dan menyengkan. Semakin dewasa dan tua, rasanya hidup semakin gitu-gitu aja dan hambar. lol

Untuk kamu yang ingin rasanya lebih manis, mereka juga menyediakan satu gelas kecil susu kental manis/sirup yang bisa kalian tambahkan sesuka hati. Kalau aku sih lebih suka yang tanpa tambahan lagi karena rasa manis ice creamnya sudah pas dilidah aku.

Overall, pilihan menu Bingsoo disini rekomen banget untuk dicobain, Fellas! 

TIDAK ADA MUSHOLLA

Di dalam resto ini tidak ada musholla. Tapi tenang aja, terdapat mesjid yang terletak tidak jauh dari resto ini. 


Ada banyak sekali varian menu makanan korea yang ditawarkan resto satu ini. Yang paling bisa aku rekomendasikan untuk kamu, jika suatu hari mau mampir ke sini, adalah varian Bingsoo-nya yang segar. Buat kamu yang tertarik nyobain dessert-nya Patbingsoo langsung aja ke

Patbingsoo Korean Dessert House

Komplek Multatuli Blok FF No. 32-33, Hamdan, Kec. Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20151




You Might Also Like

19 comments

  1. Awak kepingin kali merasakan makanan orang Korea, pas pula kakak review lengkap disini. Ih, makasih kali lah kakak, terbantu awak jadinya bisa ngira-ngira kalau bawa keluarga abis berapa makan disana. Oh ternyata harganya masih wajar dan menunya mantap sepertinya gak masalah di lidah awak yang sehari-hari kenak sambal belacan - daun ubi betumbok..hahaha

    BalasHapus
  2. Ooo... Baru mau nanyak lokasinya di mana🤣. Multatuli rupanya.

    Pas baca isi nasi yang dipesan itu ada kimchinya, udah penasaran aja, bakal lewat lewat gak itu di lidahnya. Wkkk... Soalnya dulu pas kuliah juga gitu, gila banget sama jepang. Dan sejak lama pingin ngerasai sushi jepang itu kayak mana rasanya. Pas akhirnya setelah melalui perjuangan yang cukup sabar, kesampaian juga beli. Setelah gigitan pertama, langsung dilepeh. Kena wasabi dan nori, ampun lidahnya🤣🤣

    BalasHapus
  3. Suka nonton Drakor tapi belum ada ke kesempatan utk coba2 makanan Korea di Medan. Kayaknya kapan2 harus datang ke sini buat coba. ☕

    BalasHapus
  4. wah aku baru bgt pulang dari korea dan ketagihan makanan korea. akhirnya ada juga muncul 1 list kafe makanan korea di Medan yg murah. thankyou buat tulisan ini yaaaa

    BalasHapus
  5. jd penasaran pingin nyoba juga, hehe. Secara slama ni cuma nonton dr drakor ya kn 😁 makasih rekom nya kk 😊

    BalasHapus
  6. Pernah sekali makan di sini, memang se enak itu makanan nya...

    BalasHapus
  7. Widih seru nih kayaknya kalau pulang kampung balek ke Medan Ramadhan ini , ada opsi pilihan cafe Korea . Enak nya kalau di Medan pasti cafe nya sudah pasti halal . Nggk kayak di sini di Bali , yang harus check and recheck dulu walaupun jumlah cafe sama resto korea di Bali itu berjibun

    BalasHapus
  8. aku paling suka bingsoo matcha sedep kali pas disuap sama kacang merah nya. bibimbap nya juga udah pernah coba, tteobokki juga. porsinya gede gede mending rame-rame . btw kapan kamu ajak aku kesana ?

    BalasHapus
  9. Paling ngiler kl udh lihat orang-orang korea makan di film-film drakor. Cuman emang itu dia, pas udah dihadapkan sama menu ala-ala negara lain, paling pusing mikir mau makan apa, namanya apa isinya apa... wkwkw

    BalasHapus
  10. Sering lewat, ntar boleh lah sekali-kali mampir. Pengen nyobain, pinisirin. hihi

    BalasHapus
  11. Pertama kali makan makanan Korea itu di tahun 2014, di Seoul Garden, Sun Plaza. Namun, jujur saja, Kak. Dari sekian makanan Korea, yang ku suka cuma Ramen dan Jajangmyoennya. Yang lainnya masih terasa asing di indera pengecapku, Kak. Hehe. Kemarin sempat oenasaran juga sama si Patbingsoo ini, cuma belum kesampaian saja hendak ke sana. Terima kasih review lengkapnya, Kak.

    BalasHapus
  12. Karena enggak ada mushola dan ini dikawasan bukan muslim, sejujurnya aku agak ragu dengan kehalalannya. Tapi kalau cek dari google bisnis udah banyak yang jawab kalo ini hahal. Jadi kapan kita makan disini? wkwkwk

    BalasHapus
  13. Kata kawanku yang suka makanan Korea, makan di sini enggak worth it. Enakan resto sebelah. Jadi bingung :(

    BalasHapus
  14. Udah tau lama resto ini, tapi sempat ragu sama ke halalannya. Udah kakak review jadi yakin kalau resto ini halal, ngeliat foto-fotonya jadi pengen coba juga nih kak.

    BalasHapus
  15. Ternyata harganya masih affordable ya, ga sampe yang ratus ratus, boleh ni dicoba kapan kapan. Cuma agaknya untuk bukber kurang recomended kali ya, karena ga ada musholla.. Atau di sana dekat dg masjid?

    BalasHapus
  16. Sangat menggugah selera ya makanan di resto ini, harganya juga masih cocok di kantong. Rasanya pengen bawa keluarga makan disini setelah gajian, asyik juga utk foto2 😆

    BalasHapus
  17. Aku pertama kali makan disini puasa tahun lalu. Bukber sama adek2 yang pecinta korea. Aku sih ngga terlalu suka korea, tapi so far tempatnya nyaman ya, lumayan enak juga makanannya.
    Dan yup, sholatnya harus nyebrang ke mesjid hehee

    BalasHapus
  18. Aku pernah makan di Patbingsoo dan yang istimewa itu menu ayam krispinya yang dililit mozarella yang melelah (aku lupa namanya apa). Tapi setelah baca ini aku jadi penasaran mau nyobain MaBokkeumbap.

    BalasHapus
  19. Makasih loh kak, aku jadi punya tujuan baru nih kalau ke medan nanti. Entah kenapa akhir-akhir ngiler trus sama makanan korea. Dan semoga rasanya cocok di lidahku hehe

    BalasHapus