Belajar Dasar Blog dan SEO di Kelas Blogger Medan

Belajar Dasar Blog dan SEO di Kelas Blogger Medan 

Sebagai blogger pemula, menulis blog merupakan hal yang menyenangkan sekaligus challenging. Aku kenal blogger dan aktivitas nulis di blog sejak SMA, namun tidak pernah benar-benar rutin dalam memposting karena ketidaktahuan dalam segi teknis dan lingkungan yang kurang mendukung. But I always wondering, how to actually be a blogger. Sampai akhirnya, Agustus tahun ini, aku ketemu komunitas Blogger Medan Blog M kemudian memutuskan bergabung dan membangun blogku dengan serius.

Dunia blogging berkembang seiring berkembangnya teknologi. Algortima mesin pencari membuat menulis blog bagi blogger pemula sepertiku terasa lebih rumit. Kalau dulu, para blogger lebih banyak menuliskan pengalaman yang lebih personal di blog, sekarang blogger juga harus mempertimbangkan SEO dalam penulisan setiap artikel di blog-nya untuk dapat muncul di laman pertama mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo Search, dsb.

Sebagai blogger pemula, hal-hal teknis seperti SEO ini cukup membuatku sakit kepala. Namun untungnya aku gabung di komunitas yang memahami kendala ini dan membuat pelatihan internal bagi blogger untuk belajar SEO. Di kelas blogger ini, kami diajari oleh Bang Rudi Hartoyo yang telah lebih dulu sukses dengan blognya Medanwisata.com.

Banyak banget insight yang aku dapat dari kelas internal kali ini yang aku rasa juga akan berguna untuk para blogger pemula lainnya yang ingin belajar SEO. Berikut beberapa hal yang aku pelajari di Kelas Internal Blog M tentang Belajar Dasar Blog dan SEO di Kelas Blogger Medan.


Apa itu SEO?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimation. SEO adalah teknik optimasi website agar halaman website tersebut dapat muncul di halaman pertama mesin pencari dengan kata kunci tertentu.

Tulisan dengan penerapan SEO yang baik dapat berguna dalam meningkatkan visibilitas website tersebut agar munucl lebih tinggi di pencarian organik, meningkatkan jumlah pengunjung, dan meningkatkan interaksi. Optimalisasi SEO mencakup pengoptimalan konten, struktur website, dan faktor-faktor lainnya yang sesuai dengan algoritma mesin pencari.

  

Tips pengoptimalan SEO

1. Pilih Keyword yang sesuai

Menulis artikel di blog adalah tentang permainan kata kunci. Keyword merupakan kata yang digunakan mesin pencari untuk menganalisis suatu website atau blog. Agar blog kita mudah ditemukan pada mesin pencarian, maka kita harus menggunakan keyword yang tepat. Semakin bagus dan relevan kata kunci yang kita pilih, semakin besar kesempatan untuk artikel muncul di halaman pertama mesin pencarian google.

Ada dua jenis keyword yang harus kita ketahui, yaitu:

1. Short Tail Keyword

Short tail keyword merupakan kata kunci yang singkat dan pada umumnya terdiri dari satu atau dua kata. Jenis keyword ini biasanya mempunyai tingkat persaingan yang sangat tinggi karena penggunaan kata kunci yang kurang ‘spesifik’.

2. Long Tail Keyword

Long tail keyword merupakan kata kunci yang panjang dan lebih spesifik dan terdiri dari tiga kata atau lebih. Contohnya seperti "Tips Belanja on Budget di MedanXBeauty Buat Non Jastiper" atau "Selfie Time Sun Plaza Medan : Photobooth Recomended untuk Foto Bareng Bestie"

Keuntungan menggunakan kata kunci yang panjang adalah persaingan yang lebih rendah karena fokusnya lebih khusus dan mengarahkan pada tujuan dan kebutuhan yang lebih tepat dari pencari.


2. Gunakan teks alternatif pada foto

 

Selain dalam hal tulisan, foto yang kita cantumkan pada artikel juga perlu dioptimasi. Google membaca data melalui tulisan bukan gambar. Oleh karena itu, penulisan kata kunci alternatif pada foto yang ditampilkan di artikel akan sangat membantu agar tulisan kita terindeks oleh google.


3. Gunakan internal link

Internal link adalah ketika kita memasukan link yang mengarahkan ke artikel di dalam blog kita sendiri. Penggunaan internal link ini dapat membantu meningkatkan trafik pengunjung di blog kita. Selain itu, penggunaan internal link juga dapat menunjukan ke pengunjung bahwasanya di blog kita, juga ada tulisan-tulisan yang membahas suatu tema dengan lebih mendalam.

Baca juga: Biestro Indonesia Binjai, Resto dan Wisata Berkuda Recomended di Binjai


SEO bukan hambatan dalam menulis blog

Insight yang didapat di kelas internal tersebut sangat membantu untukku memahami teknis-teknis menulis blog. Selain meningkatkan pemahaman tentang SEO, yang paling penting bagi blogger pemula adalah memperbanyak tulisan di blog. Semakin rutin kita memposting tulisan-tulisan di blog dengan konsisten, maka semakin besar kesempatan untuk blog kita terindeks dan dikenali oleh google sebagai blog yang aktif. Hal ini juga bisa membantu pengunjung kita untuk mengenali waktu-waktu dimana kita memposting tulisan baru.

Mendapatkan tempat di laman pertama mesin pencari merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi kita sebagai blogger. Namun, bagi blogger pemula yang belum terbiasa menulis dan langsung mempelajari teknis SEO mungkin bisa membuat kita jadi lebih kaku dalam menulis karena pikiran kita sudah lebih dulu memikirkan teknis tulisan ketimbang cerita yang ingin kita sampaikan. Hal inilah yang terjadi padaku belakangan ini.

Sebagai blogger pemula yang langsung dikenalin sama teknis SEO, aku jadi sempat nge-stuck dan gak bisa melanjutkan tulisan karena jadi dilema. Aku ingin menuliskan personal blog yang berisi pengalaman pribadi namun juga bermanfaat dan informatif untuk orang lain. Sedangkan artikel yang SEO dan sesuai maunya algortima mesin pencari sepertinya ingin konten yang lebih umum, praktis, dan informatif sebagaimana website-website besar lainnya. Hal ini membuatku jadi dilema menentukan gaya menulis seperti apa yang harus aku gunakan di blogku. Mungkin terkesan agak idealis kalau memaksa menuliskan gaya kita dan mengesampingkan SEO. Namun menulis dengan tujuan mendapatkan ranking di laman mesin pencari juga bisa jadi tidak bijak karena mungkin kita akan kehilangan jati diri kita karena sistem algoritma yang kapitalis.

Memahami teknis SEO itu sangat bermanfaat untuk kita sebagai blogger. Namun, jangan sampai urusan teknis dan keinginan menggebu untuk dapat ranking di mesin pencari membuat kita jadi tidak otentik sehingga kehilangan jati diri sendiri karena terus-terusan mengikuti maunya algoritma. 

Nah, itu dia insight dan hikmah yang aku dapat setelah belajar dasar blog dan SEO di kelas blogger Medan BlogM. Semoga dapat bermanfaat bagi Fellas yang membaca dan penyemangat untuk terus menulis.

 
 
 

You Might Also Like

6 comments

  1. Seru ya kelasnya kak. Aku juga jarang menulis yang SEO friendly, karena bagiku menulis itu seperti curhat kalau curhat harus menerapkan SEO jadinya malah gak bisa nulis

    BalasHapus
  2. Penting bgt yah kk belajar tipsnya dulu biar artikel kita cepat terindex google. Makasih kak udah nulis rangkuman workshop kemarin, aku yg baca ikut belajar lagi jdnya

    BalasHapus
  3. Agar tulisan di blog menjadi berkualitas, kita perlu mempelajari mengenai SEO dan tidak hanya itu saja, kita perlu ikut di dalam komunitas untuk memotivasi kita supaya rajin menulis blog. Terima kasih untuk informasinya.

    BalasHapus
  4. Senang sekali membaca tulisan mbak, jadi semakin semangat untuk terus belajar, apalagi mengenai SEO, apalagi saat ini, sosial media sangat diminati, mau tidak mau, saya perlu banyak belajar lagi.

    BalasHapus
  5. Kakkk, ini artikel ini perlu banget untukku. Kubaca ulang lahi. Makasi, yaaa.

    BalasHapus
  6. Tak ada kata terlambat untuk belajar. Walopun sudah membangun blog lebih dulu, memperbaiki SEO blog itu pun penting. Apalagi kalau blog itu dibangun memang untuk cari cuan ya. Hehe....semangattt

    BalasHapus