Tips Belanja on Budget di MedanXBeauty Buat Non Jastiper



MedanXBeauty adalah event yang diadakan oleh Female Daily sebagai support untuk brand-brand kecantikan. Beauty event ini diadakan di Santika Premiere Diandara pada tanggal 4-6 November 2023 lalu. Konsep MedanXBeauty ini seperti bazar tapi untuk produk kecantikan seperti skincare dan make up. Produk-produk yang dijual disini lebih banyak dan lengkap karena memang dari brand-nya langsung dan dengan harga yang lebih miring.

Sebenarnya aku baru pertama kali dengar ada event seperti ini. Itu pun karena dapat giveaway ticket dari komunitas blogger Medan Blog M

Di event ini tuh banyak banget produk skincare. Kalau biasanya aku ke bazaar makanan, disini isinya skincare semua. Produk-produk yang kalau kita beli langsung ditoko-toko biasanya susah dicari, disini ada semua tersedia. Dan ada banyak banget diskon, flash sale dengan harga miring, dan juga produk-produk gratis. 

Yang namanya perempuan ya suka banget sama skincare dan diskon pasti gampang kalap kalau udah masuk sini. Apalagi kalau dapat tiket three-day pass dan datang terus selama tiga hari itu sudah dipastikan dompet bakalan jebol.

Dari pengalaman aku ke MedanXBeauty kemarin, aku mau share pengalaman dan tips gimana caranya bisa belanja dengan tetap on Budget di MedanXBeauty ini kalau kamu juga adalah kaum berduit pas-pasan dan bukan jastiper kayak aku.


Tips belanja on Budget di MedanXBeauty

Pertama kali ke MedanXbeauty? Simak Tips Belanja Bijak dan Tetap on budget

1. Buat list produk yang kamu butuhkan sebelum ke event

Jangan datang tanpa persiapan. Di event ini ada banyak banget produk yang ditawarkan dan diskon gede-gedean. Yang namanya perempuan ya pasti gampang banget untuk jadi impulsif kalau sudah disodorin dengan kata-kata diskon, promo, obral, dan flash sale. Apalagi kalau mba-mba SPG-nya udah bilang "Ayo kak, kapan lagi bisa dapat ini dengan harga segini" Waduh gak nahan deh itu pasti bawaanya mau borong semuanya.

Buatlah list produk-produk yang kamu butuhkan sebelum datang ke event. Kalau perlu, riset juga berapa harga normal setiap item-nya. Sehingga kita tidak mudah ke-trigger untuk beli berbagai macam skincare karena iming-iming potongan harga.

Belajar dari pengalam aku yang sebelumnya, datang ke event ini untuk beli satu foundation yang biasa harganya hampir dua ratus ribuan. Di sini, mereka jual dengan harga flash sale dan harganya jadi 130 ribu. Lumayan juga sih potongan harganya. Pas flash sale, aku ikut ngantrinya panjang banget. Setelah aku cek ternyata di e-commerce juga harganya segitu juga. 

Beberapa produk memang ada yang di jual jadi murah banget, tapi banyak juga yang harganya gak terlalu beda jauh sama di toko online. Jadi untuk aku yang mageran dan banyak pertimbangan ini, lebih baik waktunya aku pakai buat cari-cari hal lainnya ketimbang harus ngantri lama-lama di flash sale.

 

2. Hunting Freebies dengan Ugal-Ugalan

Apalagi yang paling dicari kalau ke event ini kalau bukan produk gratis! Untuk efektifitas waktu dan mendapatkan produk gratisan, sebaiknya kelilingin aja semua boothnya satu persatu dengan tenang. Jangan malu buat tanya-tanya terkait produk yang mereka tawarkan dan keunggulannya kemudiaan tanyakan apakah ada freebies yang mereka tawarkan.

Biasanya, untuk dapatin freebies, mereka menyaratkan untuk baut postingan di media sosial dan follow akun sosmed mereka gitu. Waktu itu, aku dapat lumayan banyak dan mungkin bisa dapatin lebih banyak lagi kalau sabar buat ngelilingi booth-ya satu persatu.

 

3. Bring your empties!

Kemasan skincare atau make up kamu bisa ditukar jadi produk baru di sini. Beberapa brand menyediakan layanan menukarkan kemasan produk kita yang udah habis untuk di tukar sama produk baru. Lumayan nih. Untuk itu, sebelum pergi ke event ini pastikan buat lihat dulu brand-brand apa aja yang ikut event dan empties produk kamu apa aja. Kemarin aku gak tau kalau empties beneran bisa di tukar sama produk baru dan sayangnya aku gak bawa kemasan kosong. Padahal dirumah banyak banget botol-botol skincare betebaran.


4. Nikmati fasilitas gratis yang disediakan brand 

Pertama kali ke MedanXbeauty? Simak Tips Belanja Bijak dan Tetap on budget

Dievent kemarin, ada beberapa stan yang nyediakan mesin buat cek wajah gratis. Bisa banget nih dimanfaatin untuk cek kondisi kulit kita tanpa harus bayar mahal buat ke klinik kecantikan. Tapi ingatlah bahwa meskipun dibilang gratis, gak ada yang benar-benar "gratis" di dunia ini. Sesudah cek kulit, otomatis kita akan notice sama kekurangan dari wajah kita dan si brand ini akan otomatis menawarkan produk mereka yang sekiranya bisa bantu untuk mengatasi masalah kulit kita. Bagus banget kan trik marketingnya. Cobalah untuk berpikir lebih tenang dan tetap fokus. Tidak semua produk cocok di kulit kita dan tidak semua produk yang cocok di kulit kita cocok juga di kantong kita. 

Be mindful ya Fellas!


5. Bawa air minum

Klise sih. Tapi beneran fellas, kamu harus bawa minum. Karena di keramaian kita bakal mudah kehilangan fokus jadi harus minum air putih untuk menjaga kita tetap fokus dan tenang berburu belanjaan.


6. Ajak temanmu!

Bukan berati gak boleh pergi sendirian ya, cuman kalau pergi bareng teman, kita bisa memanfaatkan waktu dengan lebih efisien kalau lagi flash sale. Dari pengalaman aku kemarinbeli produk pas flash sale, antriannya mengular panjang banget dan makan waktu hampir satu jam cuma untuk bayar ke cashier. Kalau kita pergi bareng teman, kita bisa gantian minta dia untuk menggantikan kita untuk ngantri lalu kita bisa keliling ke booth-booth lainnya. dan balik lagi kalau antrian cashiernya udah mau deket.

 

Nah, itu dia tips ke MedanXBeauty yang bisa aku bagikan berdasarkan pengalaman pertamaku ke event tersebut. Sebagai perempuan, kita pasti suka belanja dan mudah tergiur dengan diskon dan promo. Namun kita juga perlu mindful dengan apa yang kita beli terutama di event langka seperti ini. Apalagi untuk kaum dengan budget terbatas seperti saya, belanja dengan cermat dan penuh pertimbangan adalah kunci.

 

Baca juga : Review The Originote BHA Charcoal Clay Mask : Masker Eksfoliasi Atasi Kulit Gradakan




You Might Also Like

3 comments

  1. Nah, salah satu tips nya udh saya buat jg kak, yg bikin lama itu Muter2 cri stand nya, ntah krna jalan sendiri x ya. 😁

    BalasHapus
  2. Betul sekali ini tipsnya kak Nafila, aku kemarin kesini tanpa persiapan alhasil banyak beli ini itu tanpa liat stock skincare apa yg habis. Pas udah sampe rumah terus nyesel kok malah yg dibeli banyak tp lapar mata aja.
    Untung besoknya aku kesana lagi dan lumayaaan bgt hemat harganya krn udh aku buat list dr rumah.

    BalasHapus
  3. Ahh...acaranya bertepatan pas awal bulan. Di saat kerjaan kantor masih menumpuk. Bikin mupeng. Padahal pengen ikutan hunting" freebies gratis juga. Hahha

    BalasHapus