Review The Originote BHA Charcoal Clay Mask : Masker Eksfoliasi Atasi Kulit Gradakan

 

Masalah kulit gradakan pasti sering kali bikin bete parah. Terutama aku yang punya tipe kulit berjerawat ini. Biasanya kalau udah muncul jerawat, membersihkan wajah jadi perlu lebih hati-hati. Ketika jerawat aku reda dan mulai mengering, yang terjadi kemudian adalah kulit wajah rasanya gradakan, kasar, dan kusam. Belum lagi aku kemana-mana naik motor. Debu dan polusi udara saat berkendara itu benar-benar mempengaruhi kesehatan kulit aku yang sensitif ini. Jerawat, komedo, dan tekstur benar-benar masalah yang sering kali mengaduk-aduk perasaanku.

Sebagai seorang perempuan, masalah kulit ini benar-benar bisa mempengaruhi mood-ku seharian bahkan bisa sampai berhari-hari. Ketika lagi jerawatan, kadang ada aja segelintir orang-orang tidak peka yang suka nyeletuk "makanya kamu harus rajin bersihin muka". Omaigat!!! dalam hati ingin teriak, orang-orang dengan kulit berjerawat mungkin lebih rajin cuci muka dari kalian. Tapi ya mau gimana lagi, memang begitulah cobaan para acne fighter.

Efek samping dari kulitku yang acne prone dan sensitif ditambah dengan aktivitas keseharianku yang kemana-mana naik motor adalah menumpuknya sel kulit mati. Sehingga kulit terasa kasar dan gradakan. Karena kulitku yang berjerawat, aku tidak disarankan untuk memakai facial scrub karena bulir-bulir scrubnya bisa melukai jerawat dan dikhawatirkan memperparah keadaan kulitku. Jadi karena aku gak bisa pakai physical exfolition, maka aku coba nyari produk eksfoliasi yang chemical. Awalnya bingung juga harus gimana sampai akhirnya aku menemukan The Originote BHA Charcoal Clay Mask di toko oren.

 

Tentang The Originote BHA Charcoal Clay Mask

The Originote BHA Charcoal Clay Mask ini adalah masker eksfoliasi yang bermanfaat untuk mengurangi komedo dan jerawat serta mengecilkan pori-pori. Harganya di toko oren cuma sekitar 30 ribuan. Awalnya agak skeptis juga sama masker yang satu ini karena harganya murah. Apalagi dulu aku pernah sempat coba produk dengan charcoal dari brand lain yang punya klaim mengurangi jerawat tapi setelah dipakai malah memperparah keadaan kulit aku. Alhamdulillah ternyata masker yang satu ini bersahabat sama kulit aku yang sensitif.

Ingredients

Masker The Originote yang satu ini mengandung BHA dan Probiotic. BHA merupakan kandungan kimia yang berfungsi sebagai eksfoliator. Jadi si BHA ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati di wajah tanpa harus kita gosok-gosok. Selain itu, ada juga kandungan salicylic acid yang berfungsi untuk mengurangi peradangan pada jerawat. Nah, karena aku lihat ada dua kandungan itu, makanya aku beli. 

Berikut detail ingredients The Originote BHA Charcoal Clay Mask:

Water, kaolin, glycerin, diatomaceous earth, bamboo charcoal, cetearyl alcohol, butylene glycol, sodium stearate, dimethicone, PEG-100 stearate, glyceryl stearate, phenoxyethanol, glycosyl trehalose, hydrogenated starch hydrolysate, panthenol, ammonium acryloyldimethyltaurate/VP copolymer, cetearyl glucoside, sorbitan olivate, chlorphenesin, ethylhexylglycerin, glycyrrhiza uralensis (licorice) root extract, portulaca oleracea flower/leaf/stem extract, paeonia suffruticosa root bark extract, paeonia lactiflora extract, xanthan gum, propylene glycol, sodium hyaluronate, caprylic/capric triglyceride, propanediol, 1,2-hexanediol, hydrogenated lecithin, hexylene glycol, stearic acid, cholesterol, salicylic acid, betaine salicylate, glycolic acid, ceramide NP, niacinamide, salix alba (willow) bark extract, propolis extract, saussurea involucrata extract, bisabolol, alpha-glucan oligosaccharide, calendula officinalis flower extract, artemisia argyi leaf extract, centella asiatica extract, hydroxyacetophenone, caprylhydroxamic acid, polymnia sonchifolia root juice, maltodextrin, lactobacillus.

Tekstur dan Aroma

Kemasan berbentuk tube sehingga produk lebih mudah untuk dikeluarkan. Tekstur masker ini thick dan berwarna hitam. Meskipun teksturnya tebal dan tidak seringan pasta gigi, masker the originote satu ini mudah di-apply dan diratakan ke kulit wajah. Untuk aroma gak wangi atau bau sama sekali. Mungkin mereka sengaja gak kasih parfum sebagai bahan campuran produknya agar meminimalisir resiko iritasi. Tidak adanya aroma parfum ini menurutku bagus karena kemungkinan tidak menimbulkan efek samping di wajah aku. Sebelumnya aku pernah coba masker wajah merek lain yang aromanya enak tapi malah bikin jerawat dan komedo aku bertamabh. Jadi ini poin plus yang aku suka dari masker ini sih.

 

Cara pemakaian dan tips penggunaan

Pertama, cuci muka dulu sebelum pemakaian masker. Gunakan secara merata diseluruh wajah dan hindari daerah sekitar mata dan mulut. Biarkan sampai 10-15 menit lalu bilas dengan air. Karena ini masker eksfoliasi, jadi pastikan kamu gak ketiduran atau menggunakannya sampai pagi ya. Dikhawatirkan malah buat kulit jadi kering karena terlalu lama pakai produknya.

Setelah dibilas, jangan lupa pakai pelembab. Karena kulit kita baru dieksfoliasi jadi butuh bantuan moisturizer untuk mengembalikan kelembaban kulit kita. Pemakaian masker ini cukup 1 sampai dua kali seminggu aja.

Pengalaman menggunakan The Originote BHA Charcoal Clay Mask

Di aku, masker ini terbukti ampuh untuk mengatasi kulit gradakanku akibat jerawat dan komedo. Setiap kali aku merasa kulitku kasar dan berasa dempul banget karena polusi yang numpuk, aku selalu pakai ini. Hasilnya lumayan ampuh mengangkat sel kulit mati dan mengurangi jerawat. 

Setelah pemakaian produk ini kulit wajah aku terasa lebih lebih halus dibanding sebelum penggunaan. Aku selalu pakai moisturizer setelah selesai pemakaian masker karena kalau gak kulit akan terasa kering karena habis dieksfoliasi. Kadang, kalau pakai masker ini di malah hari setelah pemakaian masker aku juga gabungin sama rangkaian skincare malamku. 

Masker The Originote yang satu ini berguna banget untuk mengurangi gradakan di kulit aku yang berjerawat dan sensitif tanpa membuat iritasi. Kalau kamu juga punya masalah jerawat dan kulit gradakan karena komedo, aku rekomendasiin untuk pakai masker ini juga. Harganya terjangkau dan efektif mengurangi jerawat. Tapi perlu diingat bahwa tipe kulit dan reaksi bahan kimia bisa berbeda di masing-masing orang. Jadi untuk kamu yang baru pertama kali mau, sebaiknya di tes dulu disebagian kulit untuk melihat apakah ada reaksi alergi atau tidak sebelum memakai dikeseluruhan wajah.

You Might Also Like

3 comments

  1. aku juga cocok sama jenis produk charcoal based gini. thanks reviewnyaa

    BalasHapus
  2. Saya pernah pake produk masker, malah buat rasa perih di muka, ini efek tidak cocok ato masker nya sdg bereaksi ya kak? Ada gk komposisi zat masker yg hrs kita hindari, setahu kk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awal pakai saya juga ada reaksi cekat cekit kak. Tapi pas pemakaian pertama aja. Setelahnya biasa aja kak. Kalau setiap pemakaian ada rasa perih gitu dan ada efek kemerahan setelahnya mungkin kandungan bahannya ada yg gak cocok dikulit kak.

      Hapus