My Perfect Stranger (2023): Mengejar Penjahat Sampai ke Masa Lalu

My Perfect Stranger (2023): Mengejar Penjahat Sampai ke Masa Lalu - Bagaimana jika seseorang yang paling kamu sayangi tiba-tiba menghilang dari dunia dihari kamu bertengkar dengannya?


Atau bagaimana jika kamu melakukan perjalanan singkat ke suatu hari di masa depan namun tidak ada masa depan untukmu disana? Karena pada hari itu adalah hari terakhirmu di dunia.


Plot/Sinopsis

My Perfect Stranger adalah drama fantasi misteri yang bercerita tentang perjalanan waktu yang dilakukan oleh Yoon Hae Jun (Kim Dong Wook) dan Baek Yoon Young (Jin Ki Joo)

Hae Jun, adalah seorang jurnalis dan pembawa berita akhir pekan. Suatu hari ia menemukan sebuah mesin waktu. Rasa penasaran membuatnya melakukan perjalanan singkat ke masa depan. Alih-alih melihat dirinya yang penuh kesuksesan di masa depan, Ia malah menemukan dirinya terbaring bersimbah darah dengan sebuah kotak korek api yang menjadi ciri khas pembunuhan berantai di tahun 1987. Sejak saat itu, Hae Jun terus kembali ke masa lalu untuk mengungkap pembunuh sebenarnya yang tak pernah tertangkap.

Di sisi lain, Baek Yoon Young, seorang editor dari novelis terkenal bertengkar dengan ibunya di hari ulang tahun ayahnya. Ia yang menyesali sikapnya berusaha memperbaiki hubungannya dengan sang ibu. Namun malam itu, Ia malah menemukan tubuh tak bernyawa ibunya mengapung di sungai di desa Woonjung.

Yoon Young yang tersiksa rasa bersalah terus menyalahkan diri sendiri karena tak bisa membuat ibunya bahagia. Ia jadi semakin membenci ayahnya yang hanya mabuk, bersikap acuh dan selalu membuat ibunya menderita. Jika bisa kembali ke masa lalu, Yoon Young ingin membuat ibu dan ayahnya tidak pernah bertemu agar ibunya tak perlu menderita seumur hidupnya.

Di awal kisah, Hae Jun dan Yoon Young tidak mengenal sama sekali. Keduanya kembali ke tahun 1987 untuk tujuan yang berbeda. Namun siapa sangka masa lalu mereka terhubung satu sama lain.


Pendapatku tentang drama ini

Suka sekali dengan drama ini!! Banyak pelajaran yang aku dapat dari drama ini. Banyak adegan yang terasa relate, menyentuh, dan menampar disaat yang sama. Meskipun genre-nya misteri tapi dramanya ringan dan gak berisik. Bukan tipe misteri yang buat kita grusak-grusuk sakit kepala nebak-nebak penjahatnya.


Alurnya agak lambat tapi tidak membosankan. Kita sebagai penonton benar-benar dibuat clueless sekali. Sepanjang film aku seudzon sama satu orang dan ternyata penjahatnya orang lain. Aku sampai tidak habis pikir bisa-bisanya penjahat sebenarnya adalah si itu tuh (berusaha tidak spoiler nih, wkwk).

Dibanding fokus ke penjahat, film ini lebih menyoroti dinamika masyarakat pada masa itu. Seperti bagaimana menjadi mahasiswa di tahun 80-an ketika mengutarakan pendapat tak sebebas sekarang, bagaimana pendidikan bagi perempuan dinilai tak terlalu penting, bagaimana kehidupan keluarga ketika teknologi tak secanggih saat ini, serta bagaimana kehidupan keluarga korban pembunuhan setelah kematian tragis anggota keluarganya dan masih banyak lagi.


Scene terfavorit aku di drama ini adalah moment ketika Yoon Young bertemu versi muda ibunya. Setelah melihat kematian ibunya dimasa depan, bertemu kembali dengan ibunya di masa lalu jadi momen mengharukan. Saat mengenal versi remaja ibunya, disitulah Yoon Young menyadari bahwa banyak hal tentang ibunya yang sama sekali tidak Ia tahu. Begitu pun tentang ayahnya. Yoon Young yang setengah mati membenci ayahnya akhirnya melihat sendiri alasan kenapa ibunya tak pernah sekalipun membenci suaminya.

Segala hal tentang orang tua memang selalu bikin kesan yang mendalam kalau diangkat dalam film. Adegan-adegan keluarga dalam drama ini sedikit banyak membuatku mempertanyakan pada diriku sendiri hal-hal seperti: “Seberapa kenal kamu dengan ibu/ayahmu? Apa kamu tau apa yang dia suka dan tidak suka? Apakah selama ini kita tak lebih dari sekedar orang asing yang tinggal satu rumah dan berpura-pura menjadi keluarga?”

Ada beberapa plot holes yang aku rasa masih belum sepenuhnya terjawab dari drama ini. Mungkin karena dalam perspektif tokoh-tokohnya beberapa masalah sudah terselesaikan di masa lalu jadi tidak ada apa pun yang perlu di pertanyakan di masa depan. Terlepas dari plot hole yang ada, drama ini masih sangat recommended untuk ditonton ya, Fellas.

Segitu dulu review kali ini. Terima kasih udah baca sampai akhir. Menurut kamu gimana? Tertarik untuk nonton My Perfect Stranger juga?

You Might Also Like

0 comments